Peluang di CERN

Posted by Naura | 11:05 PM

Anda tidak harus menjadi pegawai CERN untuk bisa bekerja di CERN. CERN, sebagai laboratorium internasional, merupakan wadah berkumpulnya lebih dari 3000 orang dari 200 institusi (universitas, lembagapenelitian) di seluruh dunia untuk melakukan eksperimen dalam bidang fisika. Anda bisa melamar beasiswa sebagai mahasiswa doktor di salah satu universitas tersebut dan menyatakan niat melakukan riset di fisika partikel eksperimen, dan anda akan bisa ditempatkan di CERN.

Mana saja institusi yang terlibat riset di CERN ? Saya lampirkan daftar institusi dua kolaborasi besar di CERN. Ini cukup menjadi starting point.

http://graybook. cern.ch/programm es/experiments/ ATLAS.html
http://graybook. cern.ch/programm es/experiments/ CMS.html

Hampir semua negara2 yang populer sebagai tujuan pelajar Indonesia terwakili di CERN.

Untuk rekan-rekan dari Indonesia yang tertarik experimental high energy physics, saya sarankan perkuat background/kemampua n di bidang instrumentasi, elektronik, pemrograman, dan tentunya konsep fisika partikel. Di awal-awal eksperimen seperti sekarang, tantangan utama adalah memastikan seluruh instrumen/detektor bekerja dengan benar. Karena detektor partikel tidak dijual di pasar, fisikawan harus mengecek dan membetulkan instrumennya sendiri, dan ini perlu skill elektronik/instrume ntasi yang tinggi.






0 comments